Sabtu, 08 Oktober 2011

Manfaat Komputer Bagi Pendidikan

        Pada dunia pendidikan termasuk di Indonesia, computer sudah diperkenalkan dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar computer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang interaktif, juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.

        Computer juga memberikan kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book).

        Sebagai tool, computer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintegrasikan computer. Computer juga digunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa dan sebagainya. Sebagai tutee computer berperan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan computer yang biasa disebut dengan Computer Assist Instruction.

       Sebagai tutor, computer berperan sebagai alat pemebalajaran, saat ini dengan adanya jaringan global bidang teknologi informasi, computer juga bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, antar daerah, pulau bahkan antar benua yaitu dengan metode teleconference

Tidak ada komentar:

Posting Komentar